Label

Senin, 25 Juni 2012

SMK Negeri 4 Jakarta Lahirkan Para Pengusaha Muda

Orang bilang sekolah bagus di Jakarta itu banyak, tinggal pilih mau masuk sekolah mana, mau pilih yang lengkap fasilitasnya ada, mau pilih yang murah ada, yang mahal ada. Tapi sekolah yang bisa menjamin siswanya bisa menjadi pengusaha muda hanyalah Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 4 Jakarta. 
Sekolah yang memiliki bermacam-macam keahlian bagi siswanya ini telah mampu mengantarkan siswanya untuk menjadi orang yang kreatif, senang berkarya dan yang terpenting tidak mudah putus asa, salah sifat yang terpenting bagi para pengusaha muda yang siap terjun ke masyarakat.
Dikatakan Kepala Sekolah Drs Wahidin Ganef MM hampir semua lulusan SMK N 4 Jakarta ini, bekerja di berbagai industri otomotif maupun pertukangan bahkan sebagian lagi telah mampu membuka usaha sendiri sebagai entrepreuner.
Kita mengajarkan siswa bukan untuk menjadi pekerja, tapi untuk bisa membuka peluang usaha kerja. Tapi jika sebelum lulus sudah banyak industri yang pesan, kita tidak bisa paksakan siswa, terlebih jika siswanya sendiri berkeinginan bekerja di pabrik tersebut,jelas Ganef yang didampingi Wakil Kepala Sekolah Ahmadyani kepada Pelita diruang kerjanya di SMK Negeri 4 Jakarta. 
Sekolah yang berlokasi di Jalan Rorotan Jakarta Utara ini tidak hanya sekedar mengajarkan teori, terbukti sekolah yang tampak asri tersebut, memiliki berbagai macam ruang praktek. Mulai dari ruang praktek untuk pembuatan Motor Kanzen dan Motor Auriga Esemka, ruang praktek pembuatan flash disk, lap top, frame digital, ruang praktek pembuatan kerajinan kayu, seperti meja, kursi, tempat tidur dan sebagainya.

Selain itu sekolah yang berdiri berdasarkan SK pendirian sekolah NO.381/BI/1 Tertanggal 26 Juli 1955 dengan nama lembaga SGPT ( Sekolah GURU Pendidikan Teknik ), berlokasi di kebayoran Jakarta Selatan baru saja menjual ribuan flash disk di ajang Pekan Produk Kreatif beberapa waktu lalu.
Kita membuat berbagai bentuk lucu flash disk tentunya dengan warna yang menarik, dimana untuk flash disk 4 GB kita jual Rp75.000/buah, untuk 2 GB dijual Rp50.000/buah dan ini semua siswa SMK Negeri 4 yang buat, mulai dari desain gambar sampai pada saat mencetak,jelas Agus Martoyo bagian hubungan industri.
Selain itu Agus juga menjelaskan saat ini SMK Negeri 4 Jakarta tengah menyiapkan sebuah sekolah yang ramah lingkungan. Untuk itu siswanya tengah giat berlatih membuat mesin penghancur sampah plastik. Dimana nantinya semua sampah plastik dilingkungan sekolah akan dihancurkan, kemudian di olah kembali untuk berbagai macam produk yang bisa digunakan.
Mesin penghancur sampah plastik ini sudah ada yang pesan SMK Negeri 2 Bantargebang Bekasi dan SMK 4 Malang. Rencananya kita akan menawarkan ke sekolah-sekolah yang lain dan setelah mereka hancurkan sampah tersebut, dikirim kembali ke sini untuk di olah jadi barang yang bermanfaat,jelasnya.
Sekolah yang mempunyai tujuh program keahlian mencakup teknik konstruksi bangunan, teknik perabot kayu, teknik audio video, teknik elektronika industri, teknik mesin perkakas, teknik mekanik otomotif dan teknik inst. tenaga listrik ini, mempunyai visi untuk menjadi SMK unggulan dengan kondisi ideal yang ingin dicapai SMK Negeri 4 Jakarta.
Sehingga mampu melaksanakan pembelajaran proses belajar mengajar yang akhirnya dapat menghasilkan lulusan dengan kompetensi yang dibutuhkan DU/DI bertaraf nasional dan internasional. (mth) 


Sumber = http://www.pelita.or.id/baca.php?id=97119

Tidak ada komentar:

Posting Komentar